UT Persembahkan Pertandingan Basket 3x3 untuk Asah Generasi Penerus Bangsa

Pada usianya yang menginjak ke 39 tahun, UT telah meraih banyak prestasi di dunia pendidikan tinggi. Tema “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN-Badan Hukumpun diusung pada ulang tahunnya ke-38 tahun lalu. Tema ini diangkat sebagai persiapan dalam menghadapi transformasi UT sebagai PTN-BH. Pada Dies Natalis UT ke-39 tahun ini, tema yang diangkat adalah “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju”. Hal ini menunjukkan capaian UT dalam setahun terakhir yang telah berhasil naik level menjadi PTN-BH.

Sudah menjadi tradisi menahun di UT untuk menyelenggarakan pula Disporseni Nasional sebagai rangkaian peringatan berdirinya UT. Pada tahun 2023 ini pun, Disporseni Nasional UT mengambil tema “Kreatif, Sportif, dan Inovatif Menuju Indonesia Maju”. Sejalan dengan semangat UT yang menyemarakkan berkompetisi secara sportif, Disporseni Nasional UT 2023 ini pun untuk pertama kalinya menyelenggarakan Pertandingan Bola Basket 3x3 di tingkat SMA sederajat.

Pada 14 Agustus 2023, bertempat di lapangan basket Kantor Pusat UT di Pondok Cabe, panitia Disporseni Nasional UT sukses menyelenggarakan pembukaan Pertandingan Bola Basket 3x3. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Ketua Senat Akademik UT Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si., laporan Ketua Disporseni Nasional UT 2023 Dr. Subekti Nurmawati, M.Si., Ketua Dies Natalis UT 2023 Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. serta jajaran pimpinan UT lainnya. Panitia Disporseni Nasional pun turut mengundang Branch Manager Bank Tabungan Negara (BTN) Ciputat Shesharina Ayu Wulandini beserta jajaran BTN selaku sponsor tunggal Pertandingan Bola Basket ini. Selain itu, turut hadir rekan siswa-siswi SMA sederajat sebagai peserta Pertandingan ini.

Acara diawali dengan sambutan sekaligus laporan Ketua Disporseni Nasional UT 2023 Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa pertandingan basket nasional antar SMA ini bukan hanya sekedar ajang untuk merebut kemenangan, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat tali persaudaraan antar pelajar dari berbagai penjuru tanah air. Dr. Subekti pun menyampaikan laporannya bahwa Pertandingan Bola Basket 3x3 ini diikuti oleh 27 tim, yaitu 17 tim putra dan 10 tim putri. Ke-27 tim ini pun tersebar dari 6 provinsi, yakni Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY. Beliau pun juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada BTN sebagai sponsor tunggal, serta kepada Rektor dan jajaran pimpinan UT, rekan-rekan panitia, serta seluruh peserta Pertandingan Bola Basket 3x3 antar SMA sederajat . ”Saya percaya, semangat sportivitas dan kejujuran akan mendominasi setiap pertandingan, serta menjadikan momentum ini sebagai kenangan berharga bagi semua peserta,” pungkas Bu Nurma.

Selanjutnya, Branch Manager BTN Ciputat Shesharini Ayu Wulandini atau yang akrab disapa Bu Ayu pun menyampaikan pula sambutannya. Beliau menyatakan bahwa ajang kompetisi ini merupakan momentum penting bagi peserta untuk menunjukkan kemampuan terbauk, serta mempererat tali silaturahmi, serta kesempatan baik untuk dapat belajar berkompetisi sportif. Menurutnya, semangat kebersamaan, kerja sama tim, dan sportivitas merupakan intisari dari ajang ini. ”Siapa pun yang menjadi pemenang, saya yakin adik-adik sudah memberikan yang terbaik dan jangan khawatir, kekalahan bukan akhir, namun sebuah awal untuk melompat lebih tinggi”.

Prof. Ojat pun menyampaikan sambutannya sekaligus membuka Pertandingan Bola Basket 3x3 ini. Rektor menginfokan bahwa UT merupakan Perguruan Tinggi terbesar di Indonesia. Berdasarkan data di PD Dikti, UT memiliki 1.650.000 mahasiswa, walaupun pada kenyataannya mahasiswa yang aktif berjumlah 450 ribu. Meskipun begitu, UT tetap menjadi Perguruan Tinggi terbesar di Indonesia. ”Pada Disporseni Nasional 2023 ini lebih spesial, karena selain diikuti oleh mahasiswa, juga mengikutsertakan para siswa SMA dan yang sederajat untuk bertanding dalam kegiatan Disporseni Nasional 2023,” tegas pak Rektor. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan UT kepada para siswa SMA dan sederajat sehingga UT menjadi salah satu pilihan bagi mereka untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Prof. Ojat pun berharap perhelatan turnamen basket 3x3 ini akan menjadi ajang bergengsi yang selalu dinanti dan menjadi komitmen UT untuk memberikan ruang kepada talenta-talenta muda mengembangkan bakat, mengasah kemampuan, dan meningkatkan keterampilannya dalam dunia olahraga khususnya basket. Beliau pun menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mitra Bank BTN yang telah memberikan dukungan penuh sehingga acara turnamen basket 3x3 dapat terlaksana dengan baik. Terakhir, Beliau mengucapkan selamat bertanding, serta junjung semangat sportivitas untuk bermain secara fair play sebagai semangat awal untuk membangun jati diri yang kuat untuk Indonesia Maju. Acara pun dibuka secara resmi oleh Prof. Ojat ditandai pula dengan lemparan bola basket oleh Rektor UT, Branch Manager BTN Ciputat, dan Ketua Disporseni Nasional 2023.

Tujuan diselenggarakannya Disporseni Nasional UT Tahun 2023 adalah  untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang ilmiah, olahraga, dan seni, serta menjadi ajang pencarian bakat, minat, dan kreativitas mahasiswa. Selain itu, misi utama penyelenggaraan Disporseni Nasional UT 2023 ini adalah sebagai salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu dengan UT yang berupaya terus untuk menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa di Indonesia. Wujud implementasi ini dituangkan dalam bentuk kegiatan Disporseni Nasional UT. Ajang Pertandingan Basket 3x3 ini pun diharapkan menjadi medium untuk mengasah tidak hanya bakat, tetapi juga motivasi, komitmen, dan kerja sama para Gen-Z yang nantinya akan menjadi tulang punggung Tanah Air di masa depan.