Peringatan HUT RI ke 78: Bergerak Serentak Mewujudkan Merdeka Belajar

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023, Rektor beserta jajaran pimpinan dan seluruh staf Universitas Terbuka (UT) Pusat melaksanakan upacara Kemerdekaan Indonesia. Upacara digelar di pelataran parkir gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., bertindak sebagai pembina upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dalam sambutannya Mendikbudristek mengajak kita semua untuk melanjutkan perjuangan oleh para pendahulu bangsa. “Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan oleh seluruh jiwa raga.” Perjuangan tersebut diteruskan dengan adanya program Merdeka Belajar yang sudah berjalan selama empat tahun terakhir. Seperti perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan, Merdeka Belajar digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Peserta didik maupun para pendidik merasakan keleluasaan dalam kegiatan belajar mengajar.

Di akhir sambutan, Mendikbudristek menekankan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Maka dari itu beliau mengajak untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar.

Tepat di HUT ke-78 RI, sebanyak 81 pegawai UT mendapatkan Satya Lencana. Satyalancana adalah wujud penghargaan dari Presiden Republik Indonesia yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil UT yang telah berbakti selama 30, 20, dan 10 tahun. Pada kesempatan ini Satya Lencana diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum, Prof. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si.