Menilik Strategi Pengawasan UT, SPI UPN Veteran Jawa Timur Studi Tiru ke UT

Universitas Terbuka (UT) menjadi salah satu institusi pendidikan yang mendapat penghargaan pengelolaan keuangan terbaik yang dikenal oleh berbagai pihak. Perhargaan tersebut tidak luput dari peran Kantor Pengawasan Internal Universitas Terbuka (KPI UT) sebagai pengawal visi misi UT. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur datang ke Kantor UT Pusat pada 23 Agustus 2023 untuk mendapatkan strategi bidang pengawasan dan kiat-kiat apa saja yang harus disiapkan sebelum menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum(PTN-BH).

Kunjungan studi banding ini dihadiri oleh Ketua SPI UPN Veteran Jawa Timur, Dr. Rida Perwita Sari, S.E., MAks, Ak, CA, CPA beserta 2 perwakilan anggota SPI UPN Veteran Jawa Timur Ibu Zuhda Mila Fitriana dan Bapak Candra Wijaya dengan 3 orang perwakilan unit kepegawaian Bapak Sariyanto, Bapak Rizal Julysar, dan Bapak Yuni Anto. Sementara dari UT Pusat yang menerima kunjungan adalah Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. beserta jajaran, Sekretaris KPI Bapak Antonio Vivaldi, S.E., MBA beserta tim KPI, Kepala Pusat Sumber Daya Manusia UT Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si. serta Tim dari Direktorat Pemasaran dan Kerja Sama.

Sambutan awal Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari tim SPI UPN Veteran Jawa Timur. Beliau mengenalkan sejarah UT dan kondisi UT yang telah bertransformasi menjadi PTN-BH. Dalam perjalanannya UT selalu dikawal oleh KPI. KPI mengawal pengelolaan keuangan dan manajerial UT secara periodik di UT Pusat maupun di 39 kantor UT Daerah. Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis  berharap studi banding ini bukan untuk saling membandingkan satu sama lain, melainkan studi tiru yaitu saling meniru dalam hal positif yang dapat di adopsi pada Universitas masing-masing.

Selanjutnya sambutan dari Ketua SPI UPN Veteran Jatim, Ibu Dr. Rida Perwita Sari, S.E., MAks, Ak, CA, CPA, beliau menyampaikan, “Saya sudah diterima dengan sangat luar biasa dan sangat baik oleh Universitas Terbuka”. Dari awal memulai menjabat saya berpikir perlu langkah stratejik yang harus di lakukan UPN, salah satunya adalah dengan melakukan benchmarking atau studi banding. UPN Veteran Jawa Timur yang masih BLU diminta untuk segera bertransformasi menjadi PTN-BH,” ucap Bu Rida. “Kami ingin belajar dari UT bukan hanya tentang pengelolaan pengawasan internal di lingkungan UT, namun juga terkait pengelolaan sumber daya manusia, sekretariat dan juga pengadministrasian yang bisa diterapkan di instansi UPN Veteran Jawa Timur,” jelas Bu Rida.

Setelah sambutan, pihak UT dan UPN Veteran Jawa Timur melakukan pertukaran cinderamata dan foto bersama. Acara dilanjutkan langsung dengan pemaparan pengawasan di UT oleh Sekretaris KPI Bapak Antonio Vivaldi, S.E., M.B.A. Selain itu terdapat pula diskusi pengelolaan kepegawaian dengan Bapak Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si. Diskusi berlangsung dengan antusias yang tinggi dari UPN Veteran Jawa Timur. Diakhir diskusi, pihak UT dan UPN Veteran Jawa Timur berharap silaturahmi semakin terjaga dan akan berlanjut untuk memberikan kebermanfaatan bersama.

Penulis            : Angga Romadhani & Aisyah Nabilah

Penyunting      : Bahir Mukhammad