Kolaborasi Internasional: Peneliti AIOU Bergabung dalam AAOU Staff Exchange Fellowship 2023 di UT

Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu anggota Asian Association of Open Universities (AAOU) kembali membuka program AAOU Staff Exchange Fellowship 2023 setelah sebelumnya terhenti selama 3 (tiga) tahun akibat pandemi Covid-19. AAOU sebagai organisasi berhimpunnya berbagai open universities di Kawasan Asia memiiki peran penting untuk mendorong para anggotanya dalam berbagi pengetahuan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengalaman staff bahkan mahasiswa.  

AAOU Staff Exchange Fellowship 2023 di UT diikuti oleh 4 (empat) dosen peneliti yang berasal dari Allama Iqbal Open University (AIOU), Pakistan dan Open University of China (OUC), Tiongkok. Pada tanggal 21 Agustus 2023, UT menyambut kedatangan seorang dosen peneliti yaitu Dr. Muhammad Ajmal Chaudry dari AIOU – Pakistan yang akan meneliti topik “Feasibility of Blockchain Technology for Open Distance Learning at Open University of Indonesia” selama 2 (dua) minggu. Selama meneliti di UT, Dr. Ajmal akan ditemani oleh seorang peneliti dari UT yaitu Dr. Adhi Susilo, M.Biotech yang berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UT dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D. sebagai Kepala Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PRI PTJJ) UT yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini. Sebelum penutupan, Dr. Ajmal menyampaikan selayang pandang tentang AIOU dan juga rencana aktifitas penelitian yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) minggu ke depan di UT.  

Dengan dilaksanakannya kegiatan AAOU Staff Exchange Fellowship 2023 di UT diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kolaborasi penelitian internasional yang berujung pada pengembangan pengalaman dan pengetahuan antar peneliti dari kedua universitas.